Banyak
perdebatan antara pendidik memebahas mengenai etika itu harus dan dapat
diajarkan atau tidak. Dan lebih dari itu masalah dimana dan bagaimana etika itu
harus diajarkan menjadi tantangan untuk para pendidik. Ada sebuah pendapat
mengatakan bahwa pendidikan etika di peruguruan tinggi itu dapat diajarkan
dengan mengintegrasikan ke dalam sebuah mata kuliah tertentu, tapi ada juga
yang mengatakan bahwa pendidikan etika harus disajikan dalam mata kuliah
tersendiri ( Black et al., 2010).
Dalam
pendidikan etika akuntansi terdapat 2 pendekatan yang dapat digunakan, yaitu:
1. Rules-based
Pendekatan ini fokus untuk mengingat
tindakan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan berdasarkan kode etik,
pendekatan ini banyak digunakan di Amerika Serikat.
2. Principles-based
Pendekatan ini lebih menekankan pada
prinsip-prinsip fundamental. Pendekatan ini bertujuan untuk melatih akuntan
profesional untuk menyadari situasi dan dilema etis dan menggunakan
pertimbangan etika yang semestinya untuk menghadapi masalah dan tantangan yang
ada.
Pendidikan etika sangat
bergantung pada dasar etika yang dimiliki seseorang, dasar etika setiap orang
pasti berbeda-beda bisa berupa latar belakang, pengalaman, budaya, dan
lain-lain. Oleh karena itu titik awal pendidikan etika setiap orang seharusnya
berbeda-beda, hal ini berlaku pada etika profesi akuntansi.
Tujuan diberikannya
pendidikan etika akuntansi pada mahasiswa menurut (Loeb, 1988 dalam Adkins dan
Radtket,2004):
1. Menghubungkan
pendidikan akuntansi pada persoalan-persoalan moral.
2. Memperkenalkan
persoalan-persoalan dalam akuntansi yang memiliki implikasi etis
3. Mengembangkan
suatu perasaan pertanggung jawaban moral
4. Mengembangkan
kemampuan yang dibutuhkan dalam menghadapi konflik atau dilema etis
5. Belajar
menghadapi ketidakpastian dalam profesi akuntansi
6. Sebagai
tahap untuk mencapai perubahan dalam perilaku etis
7. Mengapresiasikan
dan memahami sejarah dan komposisi seluruh aspek etika profesi akuntansi dan
hubungannya terhadap etika secara umum.
Sumber:
Skripsi “Analisis Persepsi Mahasiswa dan Dosen Tentang Pendidikan Etika
Profesi Akuntan” oleh R.Arya Rangga Pradipta tahun 2012http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20320641-S-R.%20Arya%20Rangga%20Pradipta.pdf
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO
0 komentar:
Posting Komentar