topbella

Minggu, 06 Mei 2012

Pariwisata & Tingkat Kunjungan Wisatawan Mancanegara di Indonesia Tahun 2011


A.      Pendahuluan
Pariwisata merupakan sektor ekonomi terpenting untuk Indonesia. Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar yang memiliki penduduk yang sangat banyak. Tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia itu didukung dengan warisan budaya yang kaya dan mencerminkan sejarah serta menunjukan beragamnya etnis Indonesia yang dinamis. Semua itu harus dimanfaatkan secara maksimal melalui penyelenggaraan kepariwisataan yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia. Kepariwisataan Indonesia merupakan penggerak perekonomian nasional yang pontensial untuk memacu perkembangan perekonomian dimasa depan.
Berbagai program telah dicanangkan oleh pemerintah untuk memajukan kepariwisataan di Indonesia salah satunya dengan menyelenggarakan program “Visit Indonesia Year”. Program ini bertujuan untuk memajukan pariwisata Indonesia dengan target meningkatan kunjungan wisatawan mancanegara, domestik, dan nusantara sehingga bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Pada tahun 2010 berdasarkan data yang didapat jumlah wisatawan mancanegara yang datang mencapai 7 juta lebih atau meningkat sebesar 10,74% dibanding tahun sebelumnya sehingga bisa memberikan pemasukan devisa pada negara sebesar 7.603,45 juta dolar Amerika Serikat.
Adapun tujuan pemilihan judul ini adalah untuk melihat perkembangan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia, serta untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mampu menarik wisatawan asing datang ke Indonesia pada tahun 2011.
B.       Landasan Teori
  •  Pariwisata
         Menurut Undang-undang Nomor 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan Bab I Pasal 1:
          
“Dinyatakan bahwa wisata adalah kegiatan perjalanan atau sebagian dari kegiatan tersebut yang dilakukan secara sukarela serta bersifat sementara untuk menikmati
obyek dan daya tarik wisata.”

Jadi dari pengertian wisata diatas dapat disimpulkan bahwa wisata itu mengandung unsur : Kegiatan perjalanan, dilakukan secara sukarela, bersifat sementara, seluruh dari perjalanan atau sebagian bertujuan untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata.

Sedangkan pengertian objek dan daya tarik wisata menurut Undang-undang Nomor 9 Tahun 1990 yaitu yang menjadi sasaran perjalanan wisata yang meliputi :
1. Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, yang berwujud keadaan alam serta flora dan fauna, seperti : pemandangan alam, panorama indah, hutan rimba dengan tumbuhan hutan tropis, serta binatang-binatang langka.
2. Karya manusia yang berwujud museum, peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni budaya, wisata agro (pertanian), wisata tirta (air), wisata petualangan, taman rekreasi, dan tempat hiburan.
3. Sasaran wisata minat khusus, seperti : berburu, mendaki gunung, gua, industri dan kerajinan, tempat perbelanjaan, sungai air deras, tempat-tempat ibadah, tempat-tempat ziarah dan lain-lain.
4. Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha yang terkait di bidang tersebut.

  •  Wisatawan Mancanegara
Wisatawan mancanegara adalah orang yang melakukan perjalanan ke suatu negara yang bukan merupakan tempat tinggal biasanya orang tersebut selama kurang dari 12 bulan di negara yang dikunjunginya.

Ada dua katagori wisatawan :
1.      Pesiar (Leasure) untuk kepentingan rekreasi, liburan, kesehatan, studi, keagamaan dan olah raga.
2.      Hubungan dagang (business), keluarga, konferensi, misi dan lain sebagainya.

C.      Pembahasan
Pariwisata adalah salah satu sektor terpenting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. Pariwisata sempat menempati urutan ketiga dalam pendapatan devisa pada tahun 2009 setelah minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Pada tahun kedatangan wisatawan mampu memberikan pemasukan devisa sebesar 7.603,45 juta dolar Amerika Serikat untuk negara Indonesia.
Macam-macam jenis wisata yang bisa dinikmati di Indonesia :
1. Wisata Alam           
- Wisata Bahari : Taman Laut Bunaken
- Wisata Pantai : Pantai Kuta Bali, Pantai Parai
- Wisata Sungai : Sungai Kapuas, Sungai Barito, dll.
- Wisata Danau : Danau Bedugul, Danau Toba , dll.
- Wisata Air Terjun : Air Terjun Singsing, dll.
- Wisata Hutan : Ujung Kulon
- Wisata Gunung : Gunung Bromo, Gunung Semeru, dll.
- Wisata Goa : Goa Jatijajar
- Wisata Pulau : Pulau Lombok , Pulau Seribu , dll.
- Wisata Taman Nasional : Taman Nasional Komodo
2. Wisata Belanja      
- Wisata Ke Pasar Tradisional : Pasar Sukawati, dll.
- Wisata Ke Pasar Modern : Grand Indonesia Mall, dll.
3. Wisata Budaya      
- Wisata Mengenai Adat dan Tradisi : Baduy, dll
- Wisata Seni Pertunjukan :Tari Barongan, dll 
- Wisata Budaya Lainnya : Jember Fashion Carnaval
4. Wisata Kuliner     
- Wisata Masakan Khas : Empek-empek di Palembang
5. Wisata Sejarah      
- Wisata Prasasti : Prasasti Batu Tulis, dll.
- Wisata Candi : Candi Prambanan, Candi Borobudur
- Wisata Benteng : Benteng Keraton Buton
- Wisata Museum : Museum Fatahillah, dll.
- Wisata Monumen : Monas

Grafik kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia selama tahun 2011 sampai Februari 2012.
 
Pada bulan Januari 2011 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia mencapai 548.821. Pada bulan Februari 2011 hanya terjadi peningkatan 19236 orang wisatawan mancanegara (wisman) dibanding bulan Januari 2011. Pada dua bulan selanjutnya yaitu pada bulan Maret sampai bulan April 2011 terus mengalami peningkatan sedikit demi sedikit yaitu tercatat menjadi 598.068 orang wisman pada bulan Maret dan 608.093 orang wisman pada bulan April 2011. Tapi pada bulan Mei 2011 hanya 600.191 orang wisman yang berkunjung, itu tandanya terjadi penurunan sebanyak 7.902 orang wisman dibanding bulan sebelumnya. Kemudian pada dua bulan selanjutnya kunjungan wisman kembali meningkat cukup tinggi yaitu tepatnya pada bulan Juni dan Juli 2011 yang mengalami peningkatan sebanyak 74.211 orang wisman pada bulan juli sehingga kunjungan wisman mencapai 674.402 pada bulan Juni, yang lebih hebatnya lagi pada bulan Juli kembali mengalawi kenaikan yang cukup tinggi yaitu mencapai 71.049 orang wisman, meskipun kenaikan pada bulan Juli tidak setinggi pada bulan Juni tapi tercatat 745.451 orang wisman pada bulan Juli ini merupakan kunjungan tertinggi pada tahun 2011. Peningkatan pesat ini diakibatkan karena adanya libur panjang pada bulan Juni-Juli, salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisman pada bulan tersebut adalah Bali. Kemudian pada bulan Agustus 2011 kunjungan wisman ke Indonesia kembali turun drastis yaitu hanya mencapai 621.084 orang dibanding bulan Juli yang tingkat kunjungannya sangat tinggi. Tapi pada empat bulan terakhir ditahun 2011 kunjungan kembali meningkat meskipun hanya sedikit demi sedikit peningkatannya sehingga pada akhir bulan pada tahun 2011 tepatnya pada bulan Desember tercatat 724.539 orang wisman, itu tandanya naik sebesar 10,63% dibanding bulan November 2011.  Akhirnya dari sektor pariwisata Indonesia mampu mengantongi devisa sebanyak devisa US$ 8,6 miliar, itu tandanya terjadi kenaikan 13,16% dibanding penerimaan pada tahun 2010 sebesar US$7,6 miliar. 
Pada bulan Januari 2012 terjadi peningkatan 18,93 persen kunjungan wisatawan mancanegara dibanding bulan Januari 2011 yang berjumlah 548.821 menjadi 652.692 pada bulan Januari 2012. Peningkatan ini terjadi dikarenakan jatuhnya libur imlek tahun 2012 ini pada tanggal 23 Januari. Beberapa wisatawan yang kunjungannya meningkat yaitu berasal dari RRC (139 persen), Taiwan (30,4 persen),  Hong Kong (59,6 persen), Singapura, Filipina, India, dan Timur Tengah yang juga mencatat kenaikan sekira 20 persen, bahkan dari Arab Saudi naik 100 persen. Pada Februari 2012 wisatawan mancanegara mencapai 592.502 kali ini kembali terjadi peningkatan 4,30 persen dibanding Februari 2011 lalu, dikarenakan masih dalam rangka liburan imlek pada bulan Januari.
D.      Kesimpulan
Ternyata pariwisata di Indonesia itu sangat beragam, segala jenis tempat wisata yang ingin dikunjungi hampir semuanya tersedia di Indonesia mulai dari wisata alam sampai wisata sejarah Indonesia mempunyai tempat tersebut, dan pariwisata di Indonesia pun sebenarnya tidak kalah indah dengan pariwisata diluar negeri.
Dari grafik yang terdapat di atas dapat disimpulkan bahwa kunjungan wisman tertinggi pada tahun 2011 itu terjadi di bulan Juli yaitu sebanyak 745.451 orang wisman, dan kunjungan terendah itu terjadi pada bulan Januari yang hanya mencapai 548.821 orang wisman. Jadi jumlah dari seluruh kunjungan wisman pada tahun 2011 tercatat sebanyak 7,65 juta orang, naik sebesar 9.24% dibanding tahun 2010 yang hanya 7 juta orang. 
Pada bulan Januari- Februari 2012 tercatat bulan Jannuri lebih tinggi kunjungan wismannya dibanding bulan Februari. Pada bulan Januari 2012 ini pun terjadi peningkatan kunjungan wismannya 18,93% dibanding Januari 2011. Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara di bulan Februari 2012 kali ini tercatat paling baik dibanding bulan Februari beberapa tahun sebelumnya.
Ternyata peningkatan kunjungan wisman setiap tahunnya banyak dikarenakan adanya hari libur panjang & libur tahun baru yang dimanfaatkan para wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia karena banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik di Indonesia.

E.       Daftar Pustaka
http://melancongnusantara.com/
http://rafansdetik.blogdetik.com/2012/04/30/ilmu-pengetahuan-pariwisata-pengertian-wisatawan/
http://tabloidpasar.com/?p=1737
http://travel.okezone.com/read/2012/03/06/407/587923/pariwisata-dunia-melaju-kencang-indonesia-makin-pede


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Afrika Nur Dwiyana
Tangerang, Banten, Indonesia
I'm not a beautiful and perfect girl, I'm just an ordinary and a simple girl
Lihat profil lengkapku