topbella

Jumat, 23 November 2012

Evaluasi Keberhasilan Koperasi Dilihat dari Sisi Anggota


A.    Efek-efek Ekonomis Koperasi
Koperasi dengan para anggotanya memiliki hubungan penting yaitu berkedudukan sebagai pemilik sekaligus sebagai pengguna jasa koperasi.
Motivasi sebagai pemilik akan mempersoalkan bagaimana dana yang telah diserahkan akan menguntungkan atau tidak kedepannya.
Sedangkan motivasi sebagai anggota koperasi itu sendiri akan menilaimenguntungkan atau tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual atau pembeli diluar koperasi jika dilihat dari mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang jasa.
Partisipasi anggota dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi :
1. Jika kegiatan tersebut sesuai dengan kebutuhannya
2. Jika pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih menguntungkan dibanding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain diluar koperasi
B.    Efek Harga dan Efek Biaya
Partisipasipasi anggota sangat perlukan dalam menentukan keberhasilan koperasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi anggota yaitu salah satunya besarnya nilai manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian dan normatif.
Motivasi utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang di maksud adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau di perolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk barang.
Setiap harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan harga untuk non anggota, jika dilihat dari peranan anggota dikoperasi yang lebih dominan.

C.    Analisis Hubungan Efek Ekonomis dengan Keberhasilan Koperasi
Fungsi laba jika di tinjau dari konsep koperasi, bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota maka akan semakin tinggi manfaat yang diterima oleh anggota. Laba (profit) bukanlah satu-satunya yang di kejar oleh manajemen dalam badan usaha koperasi, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented).
Keberhasilan koperasi di tentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan partispasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu manfaat yang didapat oleh anggota tsb.

D.    Penyajian dan Analisis Neraca Palayanan
2 faktor utama yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya :
1.      Akibat perubahan waktu dan peradaban maka berubah pula kebutuhan manusia. Perubahan ini akan sangat mempengaruhi minat adau tidaknya anggota mengkonsumsi produk yang tersedia di koperasi.
2.      Adanya tekanan pesaing dari organisasi lain.
Bila koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap koperasinya akan meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi.

Sumber :


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Afrika Nur Dwiyana
Tangerang, Banten, Indonesia
I'm not a beautiful and perfect girl, I'm just an ordinary and a simple girl
Lihat profil lengkapku