A.
Efek-efek
Ekonomis Koperasi
Koperasi dengan
para anggotanya memiliki hubungan penting yaitu berkedudukan sebagai pemilik
sekaligus sebagai pengguna jasa koperasi.
Motivasi sebagai
pemilik akan mempersoalkan bagaimana dana yang telah diserahkan akan
menguntungkan atau tidak kedepannya.
Sedangkan
motivasi sebagai anggota koperasi itu sendiri akan menilaimenguntungkan atau
tidaknya pelayanan koperasi dibandingkan penjual atau pembeli diluar koperasi
jika dilihat dari mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang jasa.
Partisipasi
anggota dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi :
1. Jika kegiatan
tersebut sesuai dengan kebutuhannya
2. Jika
pelayanan itu di tawarkan dengan harga, mutu atau syarat-syarat yang lebih
menguntungkan dibanding yang di perolehnya dari pihak-pihak lain diluar
koperasi
B.
Efek Harga dan
Efek Biaya
Partisipasipasi
anggota sangat perlukan dalam menentukan keberhasilan koperasi. Beberapa faktor
yang mempengaruhi partisipasi anggota yaitu salah satunya besarnya nilai
manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian dan normatif.
Motivasi
utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis. Kemanfaatan ekonomis yang di
maksud adalah insentif berupa pelayanan barang-jasa oleh perusahaan koperasi
yang efisien, atau adanya pengurangan biaya dan atau di perolehnya harga menguntungkan
serta penerimaan bagian dari keuntungan (SHU) baik secara tunai maupun dalam bentuk
barang.
Setiap harga
yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk anggota dengan
harga untuk non anggota, jika dilihat dari peranan anggota dikoperasi yang
lebih dominan.
C.
Analisis
Hubungan Efek Ekonomis dengan Keberhasilan Koperasi
Fungsi laba jika
di tinjau dari konsep koperasi, bagi koperasi tergantung pada besar kecilnya
partisipasi ataupun transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi
partisipasi anggota maka akan semakin tinggi manfaat yang diterima oleh
anggota. Laba (profit) bukanlah satu-satunya yang di kejar oleh manajemen dalam
badan usaha koperasi, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented).
Keberhasilan
koperasi di tentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan
partispasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis koperasi yaitu
manfaat yang didapat oleh anggota tsb.
D.
Penyajian dan
Analisis Neraca Palayanan
2 faktor utama
yang mengharuskan koperasi meningkatkan pelayanan kepada anggotanya :
1.
Akibat
perubahan waktu dan peradaban maka berubah pula kebutuhan manusia. Perubahan
ini akan sangat mempengaruhi minat adau tidaknya anggota mengkonsumsi produk yang
tersedia di koperasi.
2.
Adanya
tekanan pesaing dari organisasi lain.
Bila
koperasi mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang
lebih besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap
koperasinya akan meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan
informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi.
Sumber
:
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO
0 komentar:
Posting Komentar